Jenis Jerawat yang Perlu Sobat Ketahui

Tak dapat dipungkiri kebanyakan dari sobat umumnya hanya mengetahui jerawat yg ada pada bagian wajah saja, dan jenisnyapun hanya itu saja padahal perlu diketahui sobat sebenarnya jerawat banyak sekali macamnya dan tidak hanya tumbuh disekitar wajah soabat. Memang jenis apapun dan sekecil apapun itu jerawat pasti sangat mengganggu, walaupun terasa tidak sakit tapi ada juga jenis jerawat yang membuat perih dan berakhir membuat wajah sobat menjadi ttidak enak untuk dilihat. hehehe. Kali ini mbah jer mencoba untuk menjelaskan jenis jerawat yang perlu sobat ketahui, artikel ditujukan untuk sobat untuk menambah wawasan tentang dunia jerawat selain dari pencegahan dan pengobatannya.
 
Jenis Jerawat untuk diketahui

Jenis-Jenis Jerawat


Jerawat Berdasarkan Bentuknya

1. Komedo

Komedo mungkin sudah tak asing bagi sobat. namun komedo itu tergolong ke jenis jerawat. Komedo biasanya timbul akibat tersumbatnya pori-pori pada kulit wajah sobat komedo tidak menghasilkan rasa sakit di wajah sobat. Hal ini disebabkan karena komedo adalah jerawat yang meyumbat pori - pori namun tidak meradang (biasanya memerah) dan tidak terinfeksi oleh bakteri. Komedo dibagi menjadi 2 jenis yaitu:
  • Komedo Terbuka (White Head Comedo), memiliki ciri pori - pori yang tersumbat berwarna putih pucat.
  • Komedo Tertutup (Black Head Comedo), Memiliki ciri pori - pori yang tersumbatnya berwarna kehitam hitaman.

2. Jerawat Radang

Jerawat radang biasanya ukurannya besar, berwarna kemerahan, memberikan efek gatal dan perih pada wajah sobat serta di dalam jerawat radang terdapat nanah. Jika sobat mencoba untuk memijit atau memocel jerawat dengan mengguanakan tangan atau alat yang tidak steril/bersih itu bisa mengakibatkan peradangan pada jerawat sobat akan mejadi lebih parah.Karena bakteri dan kuman yang berasal dari luar masuk kedalam jerawat sobat.

3. Jerawat Konglobata

Jerawat Konglobata merupakan kumpulan dari jerawat, Nah jerawa ini menjadi satu kesatuan di muka sobat itu dikarenakan sobat sering memencet jerawat dengan kuku ataupun dengan alat yang tidak bersih sehingga menyebabkan infeksinya menyebar dan meluas.


Jerawat yang Umum di Masyarakat

1. Jerawat Pasir

Jerawat Pasir sama dengan jerawat yang lainnya tapi ukurannya kecil dan sangat banyak sehingga terlihat seperti pasir di wajah. jerawat pasir tidak perih seperti jerawat yang meradang, namun otomatis membuat wajah sobat tidak enak dipandang dan tidak mulus.


2. Jerawat Batu

Jerawat batu sama halnya dengan jerawat radang (meradang), hanya saja ukuran dari jerawat ini tergolong cukup besar bahkan lebih besar dari jerawat yang lainnya. Kata batu menunjukkan bahwa jerawat ini keras dan memberikan efek perih (sakit)

Macam - Macam Jerawat Lainnya

1. Jerawat Juvenil

Biasanya jerawat jenis ini bersemu pada masa puber sekitar umur 14 - 20 tahunan. Biasanya jerawat ini tumbuh akibat adanya perubahan hormon dimasa remaja.

2. Jerawat Vulgaris

Jenis Jerawat ini sama halnya dengan komedo namun hanya berbeda dari penamaannya saja. untuk perawatan yang simple dari jenis jerawat ini cukup dengan cara melakukan penguapan pada wajah sobat.

3. Jerawat Rosacea

Bisanya jerawat jenis ini timbul pada wanita yang berusia kisaran 30 -50 tahun. apabila sobat terkena jerawat ini sobat sebaiknya pergi kedokter kulit untuk mengobatinya.

4. Jerawat Nitrosica

Jerawat jenis ini jika dibiarkan maka akan menimbulkan lubang pada wajah. Biasanya untuk mengatasi jenis jerawat ini sobat harus mengobatinya ke dokter kulit. karena bila salah dalam  memilih produk kosmetik ataupun salah dalam memilih cara pengobatan wajah sobat bisa rusak.
Jerawat tidak tumbuh di daerah sekitar wajah saja namun jerawat dapat tumbuh dimana saja jikalau sobat kurang menjaga kebersihan badan. Pada umumnya jerawat sering timbul didaerah ini:
  • Wajah
  • Dada
  • Punggung
  • Kulit Kepala
Sobat, dari artikel mbah jer di atas ternyata jerawat itu banyak sekali jenisnya, bahkan namanya juga banyak macamnya.yang paling penting adalah kebiasaan kita menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit kulit ini. So, buat sobat jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan badan, karena jerawat itu sendiri tidak hanya timbul di muka.
Sekian artikel dari mbah jer kali ini mengenai Berbagai Macam Jenis Jerawat. Terimakasih untuk sobat telah menyimak artikel ini sampe selesai, jangan lupa ya untuk share juga pada teman - teman sobat. Kalau  sobat memiliki jenis jerawat yang berbeda dari mbah jer silahkan beritahu melalui kolom komentar.
 
 

0 Response to "Jenis Jerawat yang Perlu Sobat Ketahui"

Posting Komentar

Komentarlah dengan SOPAN dan BIJAK. Diharapkan untuk tidak menyertakan Link Aktif!!!